Meraih Kemudahan Menghafal Al-Qur’an

alfatihah
sumber gambar: Google

Judul Buku : Agar Sehafal Al-Fatihah
Penulis : Arham bin Ahmad Yasin, Lc. MH, Al-Hafidz
Penerbit : CV Hilal Media Grup
Cetakan : I, Januari 2014
Tebal : 172 halaman
ISBN : 978-602-14417-7-0

Sebelum memutuskan menjadi penghafal Qur’an, ada baiknya kita mengetahui apa saja keutamaan-keutamaannya. Buku ini membahasnya di bagian awal. Beberapa keutamaan tersebut yakni sebagai berikut:

Pertama, penghafal Al-Qur’an adalah pengemban tugas Allah dan orang-orang pilihannya. Tugas tersebut adalah menjaga keutuhan Al-Qur’an hingga akhir zaman.
Kedua, penghafal Qur’an adalah keluarga Allah. Ini adalah kemuliaan luar biasa yang Allah berikan kepada manusia. Adakah hal yang lebih membanggakan dari menjadi keluarga Allah?

Ketiga, ahli Qur’an akan naik ke Surga tertinggi. Mereka akan berkumpul bersama para nabi dan auliya’ di dalam Surga Allah.

Keempat, Ahli Qur’an dan orangtuanya akan mendapat mahkota kemuliaan di hari kiamat.

Kelima, penghafal akan bersama para malaikat yang mulia dan taat.

Keenam, penghafal Qur’an akan mendapat kemuliaan walau pun sudah meninggal.

Ketujuh, Rasulullah memuliakan para penghafal Al-Qur’an.

Man jadda wajada. Setelah kita mengetahui keutamaan para penghafal AL-Qur’an dan memutuskan menghafal, maka langkah selanjutnya ialah bersungguh-sungguh. Menghafal kitab Allah memebutuhkan usaha maksimal agar hasilnya juga maksimal.
Bangunlah sebuah keyakinan dalam diri kita, bahwa Allah telah memudahkan Al-Qur’an bagi siapa saja yang bersungguh-sungguh dengan niat ikhlas untuk menghafalnya. Sempatkan, luangkan waktu kita secara khusus untuk Al-Qur’an. jangan pernah menunda hafalan kita, sesibuk apa pun.
Tetapkan target mau berapa lama kita menghafal. Dan pilihlah strategi yang paling sesuai dengan diri kita.

Penulis merinci beberapa metode yang bisa kita pakai untuk menghafal. Misalnya kita menetapkan 30 bulan untuk mengkhatamkan hafalan, baerarti dalam sebulan kita menghafal satu juz. Jika diperdetail lagi, maka dalam satu hari, kita menghafal satu lembar. Sisa hari dalam sebulan dipakai untuk mengulang.

Sebelum menghafal, ada baiknya kita baca dulu satu surat yang akan dihafal secara berulang-ulang. Hal itu akan mempermudah mengingat surat tersebut. kita dapat juga menghafal ayat per ayat lalu menyambungkan antar ayat, lantas membacanya secara berulang dari awal hingga akhir. Cara ini efektif untuk makin menguatkan hafalan. Jangan lupa, kita harus melakukan takrir atau pengulangan pada hari berikutnya. Jangan sampai hafalan hari ini lupa atau bahkan hilang karena kita malas mengulangnya. Lebih baik melancarkan hafalan daripada menambah hafalan namun semuanya menjadi kacau balau.

Dalam men-takrir hafalan, kita sebaiknya jangan terlalu bergantung pada mushaf. Belajarlah untuk takrir tanpa melihat mushaf, kecuali jika kita benar-benar blank.
Manfaatkan pula setiap kesempatan untuk mengulang-ulang hafalan, ketika salat, menunggu iqamat, atau waktu sempit di sela kesibukan kita, bahkan, sambil bekerja pun kita bisa melakukan takrir (tanpa mushaf).

Selain menggunakan metode-metode tersebut, kita jangan lupakan satu hal penting ini: berdoa. Mintalah pada Allah agar hafaan kita dimudahkan. Mintalah agar ilmu kita ditambah, mintalah agar Al-Qur’an benar-benar merasuk ke dalam hati dan mengiringi perjalanan hidup kita.

Bertekadlah menjadi penghafal Al-Qur’an seumur hidup yang hafal selamanya. Tekad ini akan mendorong kita senantiasa berusaha agar Al-Qur’an tidak lepas begitu saja, membuat kita selalu berzikir melalui Al-Qur’an, dan mengajarkan ilmu Al-Qur’an kepada orang lain.

Iklan

One thought on “Meraih Kemudahan Menghafal Al-Qur’an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s