Keajaiban Puasa Senin Kamis

miracle puasa senin kamis

Judul Buku : The Miracle of Puasa Senin Kamis
Penulis : Ubaidurrahim El-Hamdy
Penerbit : WahyuQolbu, Jakarta
Cetakan : I, 2014
Tebal : viii + 324 halaman
ISBN : 979-795-892-2
Harga : Rp 39.000

Puasa adalah satu dari sekian banyak ibadah yang sangat dianjurkan Nabi. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa puasa dan Al-Qur’an adalah dua hal yang mampu memberi syafaat pada pelakunya di hari kiamat (hal. 232). Ibadah satu ini sangat istimewa karena pahalanya langsung dari Allah, seperti dalam firman-Nya “Puasa itu milik-Ku, dan Aku sendiri yang akan membalasnya” (hal.16).
Rasulullah merupakan orang yang paling banyak berpuasa sunnah. Disebutkan dalam hadis bahwa beliau puasa sebulan penuh pada Sya’ban dan rutin menjalankan puasa Senin Kamis. Menurut beliau, pada hari itu, pintu Surga dibuka oleh Allah dan catatan amal dilaporkan sehingga beliau ingin ketika amalnya dilaporkan, ia sedang berpuasa (hal. 24).
Ada banyak ‘keajaiban’ puasa sebagaimana dijelaskan oleh penulis melalui berbagai ayat Al-Qur’an, hadist dan kajian-kajian ilmiah. Salah satunya ialah puasa merupakan jalan takwa yang mempu mengantarkan ke Surga serta sebagai pembuktian iman. Sebab, seseorang yang memiliki iman yang kuat tidak akan merasa cukup hanya dengan ibadah fardhu. Sebaliknya, ketika orang menyepelekan ibadah sunnah, maka imannya perlu dipertanyakan (hal. 21).
Dari segi kesehatan, puasa memiliki segudang ‘prestasi’ dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Hipertensi, diabetes, asma, penyakit kulit, dan kanker adalah sebagian penyakit yang bisa dihilangkan dengan puasa. Bahkan, seorang pakar kesehatan dari Kanada, Bernard Jhonson, telah membimbing lebih dari 50.000 kasus kesehatan dengan terapi puasa (hal. 146).
Mengapa puasa begitu ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, bahkan yang terlihat tidak mungkin? Jawabannya ada pada hadis Nabi “Sumber daripada penyakit adalah perut. Perut adalah gudang penyakit dan berpuasa itu adalah obat.” Sejalan dengan penelitian dr. Robert Gray dari USA “Parasit hidup membiak pada sistem perut yang kotor.” (hal. 41). Agar dapat hidup sehat, manusia harus mengendalikan diri dan tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang berpotensi besar menimbulkan berbagai penyakit. Salah satu bentuk pengendalian kita kepada makanan adalah dengan berpuasa.
Dalam kaitannya untuk mengatasi obesitas, puasa juga dapat diandalkan. Saat tubuh kekurangan asupan makanan, ia akan membakar sumber energi cadangan berupa lemak yang tertimbun dalam tubuh. Dengan begitu, berat badan akan menurun (hal. 103).
Puasa yang benar serta sesuai aturan Nabi juga bermanfaat untuk menajamkan kemampuan otak. Ketika berpuasa, asupan makanan akan berkurang. Di saat itu, usus akan beristirahat dan beban darah untuk membawa sari makanan ke seluruh tubuh berkurang. Darah yang berada di otak akan tetap tinggal sehingga otak menjadi lebih tenang dan segar. Ilmuwan besar lulusan Universitas Iskandariyah, Apikor mengatakan bahwa puasa akan menajamkan kekuatan akal dan memperkuat daya ingat. Maka menjelang ujian, ia menjalani puasa selama 40 hari (hal. 111).
Menarik jodoh dan rezeki merupakan keajaiban puasa selanjutnya. Ketika orang rutin berpuasa, keadaan spritualnya akan diperbaiki dan menjadikan dirinya orang yang bertakwa. Di saat itulah, Allah akan memberikan kemudahan dalam urusannya. Seperti yang telah disebutkan dalan surat At-Thalaq ayat 2-3 bahwa barang siapa bertakwa kepada Allah, maka Allah akan memberinya jalan keluar dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka (hal. 151).
Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang sangat bagus dipakai untuk terapi kesehatan, kejiwaan dan mengatasi masalah hidup. Hanya dengan dua hari seminggu, kita bisa melatih otot-otot spiritual yang berdampak positif pada peningkatan kualitas ibadah dan ahlak seperti kesabaran dan kepekaan sosial serta peningkatan kualitas berpikir (hal. 207, 129, 123, 118)
Dengan pengalaman dan ilmunya yang luas, penulis membuat buku ini kaya dari segi isi, yang merupakan poin lebih buku ini. Ditambah layout yang berbeda tiap halaman plus diselipi mind map dan kotak dialog, membuat penampilan buku ini terlihat keren. Namun, kekurangan satu-satunya dari buku 324 halaman ini adalah penjelasan yang diulang-ulang hingga beberapa kali sehingga tampak membosankan. Kekurangan lain ialah tiadanya daftar pustaka yang mungkin diperlukan pembaca untuk studi lanjut.
Buku ini selain cocok dibaca oleh para pelajar usia sekolah menengah dan mereka yang sedang mengalami kesulitan karena keuangan, jodoh maupun penyakit, juga cocok dibaca oleh politikus yang sedang memperjuangkan kepentingan rakyat, atau pengusaha yang bermaksud mensejahterakan kehidupan masyarakat. Agar mereka tergerak untuk hidup prihatin dengan berpuasa dua kali sepekan.

Dimuat di Rimanews.com tanggal 26 November 2014
http://budaya.rimanews.com/buku/read/20141126/184574/Keajaiban-Puasa-Senin-Kamis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s