Berprestasi Menggunakan Kekuatan Diri

Judul Buku : The Power in You, Sadari Potensi Diri untuk Raih Prestasi
Penulis : Ollie
Penerbit : Gagasmedia, Jakarta
Cetakan : I, 2014
ISBN : 978-979-780-737-5
Tebal : xvi + 288 halaman

Setiap orang memiliki kekuatan untuk mewujudkan keinginan dan visi hidupnya. Kekuatan itu menunggu diberdayakan, menanti untuk dimaksimalkan. Inilah yang Ollie sebut sebagai the power in you, atau kekuatan di dalam diri masing-masing orang yang sudah diberikan Tuhan dengan cuma-cuma (hal. v).
Sayangnya, banyak dari kita tidak menyadari adanya kekuatan tersebut. Bahkan tak sedikit yang secara terang-terangan ‘menolak’ keberadaannya. Saksikan saja di media sosial seperti Facebook atau Twitter, status-status galau yang diunggah hampir tiap menit, dengan tema putus cinta dan perkara lain yang remeh-temeh. Buku ini lahir sebab kegerahan Ollie terhadap sikap menye-menye anak muda zaman sekarang ini (hal.1).
Dalam buku setebal 288 ini dibeberkan mengapa anak muda harus berdaya guna dan menemukan passion serta menggunakan power-nya semaksimal mungkin. Kata Ollie, life is short. Hidup ini teramat singkat untuk tidak dibikin hebat. Kita akan menyesal sangat dalam jika belum sempat melakukan hal-hal yang kita impikan lalu keburu wafat (hal. 34).
Banyak hal penting yang kita dapatkan dari buku baik ini. Pertama, kita perlu menemukan ‘why’ kita terhadap aktivitas yang sedang kita lakukan agar dapat fokus dan berkomitmen. Temukan alasan terkuat mengapa kita melakukan suatu aktivitas (hal. 7). Alasan ini akan menjadi starting point kita dalam memberdayakan kekuatan diri.
Kedua, menentukan visi hidup kita 5 tahun ke depan lalu menuliskannya secara detail. Banyak sekali orang yang telah membuktikan bahwa visi yang tertulis akan lebih mudah terwujud. Salah satunya Ollie yang beberapa visinya telah menjadi kenyataan karena ia menuliskannya. Dengan menulis visi hidup akan membantu kita menemukan potensi yang ada dalam diri dan di lingkungan sekitar, yang dapat kita manfaatkan untuk membantu mewujudkannya (hal. 14).
Kita juga perlu mengenal apa saja barriers (halangan) yang biasa muncul dalam langkah kita menggapai impian. Hambatan-hambatan itu bisa muncul dari dalam diri sendiri seperti mental block dan pikiran negatif. Sedangkan hambatan dari luar bisa berupa omongan orang lain yang bisa melemahkan tekad kita serta kegagalan yang mungkin berulang kali kita temui. Sering juga kita disabotase oleh rasa malu sehingga kerap membuat langkah kita berhenti. Bahkan, rutinitas sehari-hari bisa membuat kita stuck dan jalan di tempat (hal. 42-55).
Untuk mengatasi problema di atas, Ollie mendorong kita untuk cerdas mengelola emosi dan segala pikiran negatif yang muncul. Dia juga menyarankan kita untuk berani keluar dari comfort zone (hal. 119), mengingat rasa takut (insecure) untuk mencoba hal baru muncul ketika kita sudah nyaman di posisi saat ini. Padahal, salah satu kunci sukses dalam segala hal adalah keberanian, baik itu keberanian untuk bertindak maupun membangun kemungkinan-kemungkinan dengan sebanyak mungkin orang.
Pada intinya, Ollie mengajak kita untuk merasa kuat, pede dan mencintai diri sendiri dulu karena untuk bisa mempengaruhi banyak orang demi menebar manfaat, kita harus kuat baik mental maupun fisik. Sebab, kita tak akan mampu memberi apa yang tidak kita punyai (hal. 20).
Buku ini memuat lembar-lembar practice yang dapat dipraktikkan begitu selesai satu pembahasan. Ini menandakan Ollie ingin pembacanya langsung take action dan tidak menunda. Isi perintahnya pun beragam, tidak hanya menyuruh menuliskan visi hidup atau kelebihan kita, tapi ada juga intruksi agar kita berkumpul dengan 5 teman lalu meminta mereka mengomentari penampilan kita (hal. 247). Ollie mengajak pembaca bereksperimen dengan banyak hal.
Materi dalam buku ini sangat banyak sehingga Ollie menulisnya dengan penjabaran yang to the point dan paragraf yang padat. Kita tak perlu membaca penjelasan yang bertele-tele seperti kerap ditemukan pada beberapa buku motivasi.
Buku ini hampir sempurna, dengan desain fisik dan layout yang kreatif. Hanya saja, kadang ada materi yang masih membuat pembaca belum puas karena begitu ringkasnya pembahasan. Namun, secara keseluruhan, buku ini keren dan asyik sekali. Sangat membantu pembaca mengenal dan menyadari lalu bersegera bangun untuk memberdayakan potensi diri dalam meraih apapun impiannya.

Dimuat di Indoleader.com tanggal 26 November 2014

http://indoleader.com/index.php/resensi/3892-berprestasi-menggunakan-kekuatan-diri

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s